Wow, Emas kembali cetak rekor tertinggi!

Written by Denny   // October 5, 2012   // Comments Off

harga emas hari ini

JAKARTA. Harga emas kembali sentuh rekor tertinggi baru. Sinyal akan adanya stimulus dari Eropa memicu kenaikan harga emas. Para analis proyeksi akan ada level tertinggi baru.

Kemarin (4/10) sampai pukul 18.00 WIB harga emas naik 0,64% ke US$ 1.791,20 per ons troi. Harga emas di bursa Nymex AS pengantaran Desember 2012 adalah harga emas tertinggi sejak 22 September 2011. Sementara harga emas logam mulia pun naik 0,34% di Rp 589.200 per gram.

Tedy Badrujaman, Sekretaris Perusahaan PT Aneka Tambang Tbk mengaku, aktivitas penjualan emas memang sangat ramai. Bahkan saat harga emas meroket. Menurut dia, emas dicari lantaran telah menjadi safe haven. Apalagi harga emas terus naik.

Selain dari faktor permintaan, sentimen global menjadi faktor pendongkrak terbesar. Zulfirman Basir, Analis Riset Monex Investindo Futures menyebut, sinyal adanya pelonggaran moneter dari bank sentral di dunia menjadi pendorong kenaikan harga emas.

Kamis malam (4/10), akan ada pertemuan bank sentral Eropa dan Inggris. Selanjutnya, Jumat (5/10) akan ada pertemuan bank sentral Jepang. Para pelaku pasar berspekulasi akan ada pelonggaran moneter.

Ibrahim, Analis Senior Harvest International Futures bilang, jika ini benar maka inflasi akan naik. Dengan demikian, pasar beralih ke safe haven seperti emas.

Tren naik

Selain itu, Zulfirman bilang, proyeksi rilis data tenaga kerja Amerika Serikat yang masih memburuk akan mengangkat harga emas. Sebab emas dirasa sebagai instrumen paling tepat. Estimasi tingkat pengangguran AS masih tinggi, yakni di atas 8%.

Karena alasan tersebut, para analis sepakat harga emas masih akan menembus level tertinggi baru. Zulfirman menganalisa, jika harga emas tidak berhasil ditutup di US$ 1.791 maka ada potensi aksi ambil untung. “Harga emas jangka panjang masih bullish,” ujar dia.

Zulfiman bilang, harga emas berpotensi menuju ke US$ 1.800 per ons troi. Dia pun yakin dalam waktu dekat, harga emas akan kembali memecahkan rekor tertinggi di US$ 1.830 per ons troi. Asal, penutupan harga emas mingguan menembus level US$ 1.803 per ons troi.

Prediksi Ibrahim, harga emas masih akan menguat hingga akhir bulan. Kisaran harganya di US$ 1.717,17 – US$ 1.804,32 per ons troi. “Harga emas berpeluang menyentuh US$ 2.000 per ons troi,” kata dia.

Harga emas batangan pun diproyeksi naik. Zulfiman memperkirakan bisa menyentuh Rp 600.000 per gram. Asal harga emas berhasil menyentuh level US$ 1.803 per ons troi. Selain itu, nilai tukar dollar AS masih di Rp 9.600.

www.kontan..co.id


Tags:

beli emas

harga emas

harga emas hari ini

investasi emas


Similar posts