TIPS MENGAWALI INVESTASI

Written by Denny   // August 21, 2013   // Comments Off

Karena terbujuk rayu ajakan investasi, siapapun bisa gelap mata. Uang adalah pemicu tindakan emosional, orang yang biasanya hati-hati dan pandai pun bisa hilang akal.
Setelah menimbang investasi dari segi kehalalan, tingkat risiko, aksesibilitas, perlindungan terhadap nilai, likuiditas serta tingkat hasil/return serta merasa yakin bukan investasi bodong, tetap perlu kehati-hatian ketika mengawalinya, berikut tipsnya :

1. Siapkan dana darurat dan biaya hidup untuk satu hingga tiga tahun. Sisa dana itulah yang diinvestasikan. Ini upaya berjaga-jaga jika terjadi kemungkinan kerugian, terutama bagi anda yang baru saja menerima pesangon dalam jumlah besar.
2. Bertanya ketika bingung kepada orang yang lebih mengerti dan berpengalaman, bukan kepada orang yang sama pemahaman ilmunya. Produk investasi banyak macamnya, dikelola dengan berbagai cara. Apa yang tampak di depan belum tentu demikian aslinya.
3. Menentukan terlebih dahulu tujuan investasi. Semata ingin mengembangkan dana atau tujuan lain di masa depan ? Untuk mengembangkan dana mencoba yang berisiko tidak apa-apa. Tapi untuk tujuan jangka panjang, semisal pendidikan anak, produk investasi pasif dengan hasil moderat lebih baik dijadikan pilihan.
4. Berlatih memahami tabiat dan logika investasi dengan latihan berbisnis dan investasi dengan besar nilai penyertaan bertahap. Full timer karyawan biasanya terlalu polos dan lugu dengan berbagai tawaran investasi. Latihan diperlukan untuk menakar apakah investasi yang datang cukup realistis, apakah risikonya masuk akal dan bagaimana prospeknya ke depan.

Investasi terbaik adalah investasai riil berupa perniagaan maupun bisnis. Untuk bisnis tidak selalu perlu modal yang besar. Jauh lebih penting modal semangat, relasi dan kepercayaan. Berbisnis tidak selalu harus terjun langsung. Kita bisa jadi pemodal, pemegang saham, freelancer, advisor, professional maupun dealer atau broker (fasilitator bisnis).


Tags:

bisnis

investasi

uang


Similar posts