Tarik Menarik Dua Sentimen Bikin Harga Emas Liar

Written by Denny   // June 15, 2013   // Comments Off

emas tertekan

MELBOURNE. Harga emas bergerak di dua zona pada transaksi perdagangan Jumat kemarin (14/6). Mengutip data Bloomberg, pada pukul 09.45 waktu London, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat turun 0,2% menjadi US$ 1.382,71 per troy ounce. Pada transaksi sebelumnya, harga si kuning mentereng ini sempat naik 0,1% dan turun 0,3%.

Sementara, harga kontrak emas untuk pengantaran Agustus naik 0,3% menjadi US$ 1.382,60 per troy ounce di Comex, New York.

Ada dua faktor utama yang mempengaruhi pergerakan liar emas. Pertama, investor memangkas tingkat kepemilikan emas mereka pada exchange traded products. Asal tahu saja, kepemilikan emas pada ETP turun sebesar 6,7 metrik ton menjadi 2.118 ton Kamis (13/6). Ini merupakan level terendah sejak Maret 2011 lalu. Selain itu, kepemilikan emas pada SPDR Gold Trust juga merosot 6,3 ton menjadi 1.003,53 ton, yang merupakan level terendah sejak Februari 2009 silam.

Faktor kedua adalah spekulasi pemangkasan nilai stimulus oleh the Federal Reserve. Seperti yang diketahui, pada bulan lalu, pimpinan The Fed Ben S Bernanke menyatakan akan mengurangi nilai stimulus mereka yang saat ini mencapai US$ 85 miliar per bulan jika perekonomian AS semakin membaik.

“Harga emas masih akan tertekan seiring semakin membaiknya sentimen risiko akibat data ekonomi AS yang membaik. Ketidakmampuan harga emas menembus level US$ 1.400 menandakan sentimen yang lemah terhadap emas,” jelas analis Edelweiss Comtrade Ltd.

(Sumber: www.kontan.co.id)


Tags:

harga emas liar

harga kontrak emas

investor

si kuning mentereng


Similar posts