Rekor baru harga emas

Written by BoniShall   // March 13, 2014   // Comments Off

Rekor baru harga emas

JAKARTA. Harga emas naik ke level tertinggi dalam 19 pekan terakhir. Ekonomi China yang goyah dan ketegangan di Ukraina mendorong permintaan aset safe haven, seperti emas. Itu sebabnya, harga logam mulia ini melejit.

Kemarin, harga emas untuk kontrak pengiriman April 2014 di bursa NYMEX-AS sempat menyentuh level US$ 1.364,10 per ons troi. Harga ini menjadi yang tertinggi sejak September 2013. Hari sebelumnya, harga emas berada di US$ 1.346,70 per ons troi.

Dari akhir tahun lalu, harga emas sudah naik 12,79%. Lonjakan harga emas dunia ini belum berefek ke harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk. Kemarin, harga emas batangan stabil di harga
Rp 547.000 per gram.

Harga emas dunia naik terpicu lonjakan permintaan emas sebagai aset yang aman. Pasar khawatir dengan perlambatan perekonomian China yang notabene merupakan importir emas terbesar dunia.

Nizar Hilmy, analis PT SoeGee Futures mengatakan, kekhawatiran investor, terutama muncul setelah terjadi gagal bayar atau default obligasi perusahaan energi di China, Chaori Solar Energy Science & Technology. “Kondisi ini dapat memicu laju harga emas menuju level US$ 1.375 per ons troi,” kata Nizar.

Sedangkan, Head of Research and Analysis Division PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, harga emas masih akan melesat dan membentuk level tertinggi baru tahun ini. Kenaikan harga emas ini, menurut dia, imbas perebutan wilayah Crimea oleh Rusia dan Ukraina yang kembali memanas. Krisis politik ini mendorong permintaan safe haven.

Menurut Ariston, harga emas telah mendekati level resistance di US$ 1.360-
US$ 1.362 per ons troi. Potensi penguatan lanjutan membutuhkan konfirmasi ke atas level resistance dengan potensi target ke kisaran US$ 1.368-US$ 1.375 per ons troi.  “Namun, jika menembus ke bawah kisaran support 1.341-1.352 berpotensi membawa harga melemah ke area US$ 1.345,” kata Ariston.

Nizar merekomendasikan investor mengambil posisi buy apabila yakin bahwa harga emas akan menuju ke level US$ 1.400 per ons troi. Sebaliknya, kalau investor ragu-ragu, maka Nizar menyarankan wait and see.

Untuk emas Antam, Nizar tetap optimistis dengan prospeknya ke depan. Investor dapat masuk di harga berapapun dengan catatan tidak untuk kebutuhan jangka pendek. “Minimal untuk disimpan selama dua tahun sampai tiga tahun,” imbuh dia.

Nizar memprediksi, harga emas spot dalam sepekan berkisar antara US$ 1.330-
US$ 1.375 per ons troi. Untuk emas Antam diperkirakan bergerak di harga Rp 545.000-Rp 550.000 per gram.

Proyeksi Ariston, harga emas sepekan ke depan, antara US$ 1.333-US$ 1.368 per ons troi. Sedangkan, perkiraan harga emas hingga akhir kuartal I-2014 di US$ 1.324-US$ 1.375 per ons troi.

sumber : www.kontan.co.id


Tags:

rekor harga emas


Similar posts