Raksasa Asia melemah, bursa Asia rontok

Written by BoniShall   // January 24, 2014   // Comments Off

Raksasa Asia melemah, bursa Asia rontok

TOKYO. Bursa saham Asia rontok lagi dan indeks patokan regional turun karena kekhawatiran adanya pelemahan prospek ekonomi China tahun ini.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,6% menjadi 138,03 pada pukul 09:25 waktu Tokyo. Indeks ini sebelum pasar Hong Kong dan China dibuka. 10 kelompok industri dalam indeks turun. Dalam sepekan terakhir, indeks sudah turun 1,1%.

Sebelumnya, HSBC Holdings Plc dan Markit Economics dalam risetnya menyebutkan, produksi pabrik China diproyeksikan akan turun bulan ini, menyusul turunnya data manufaktur China di bulan Desember 2013.

Saham yang turun adalah; Honda Motor Co turun 1,5% di Tokyo setelah kemarin yen menguat dan mencapai posisi tertinggi empat bulan. Reject Shop Ltd juga turun 23% di Sydney setelah laba meleset dari perkiraan.

Namun, saham perusahaan tambang emas Newcrest Mining Ltd di Australia naik 4,9% setelah harga logam mulia melonjak di New York. “Koreksi bisa terjadi,” kata Shane Oliver kepala strategi investasi AMP Capital Investors Ltd di Sydney.

Indeks saham Asia yang memimpin pelemahan indeks regional adalah, Indeks Topix Jepang turun 1,3% dan Nikkei 225 Stock Average juga tumbang 1,5%. Indeks acuan Jepang ini rontok setelah yen menguat terhadap dolar AS.

Begitu juga halnya dengan indeks Kospi Korea Selatan yang turun 0,6% dan Indeks NZX 50 Selandia Baru juga turun 0,7%. Sedangkan Indeks Australia S & P/ASX 200 melemah tipis 0,1%.


Tags:

bursa asia rontok

ekonomi melemah


Similar posts