Mengekor Soros, Investor India Juga Melepas Emas

Written by Denny   // March 20, 2013   // Comments Off

Emas India

NEW DELHI. Ketertarikan investor global untuk menanamkan investasinya pada emas semakin memudar. Setelah miliarder dunia George Soros menarik dananya dari produk berbasis emas, kini, manager dana emas India juga melakukan langkah serupa.

Data yang dirilis Association of Mutual Funds di India menunjukkan, tingkat investasi pada exchange traded funds berbasis emas menurun untuk pertama kalinya sejak Juni 2012 lalu. Adapun nilai dana yang keluar dari produk investasi emas ini mencapai 80 juta rupe atau setara dengan US$ 1,5 juta.

Kondisi itu berdampak pada pergerakan harga emas di Negeri Taj Mahal itu. Asal tahu saja, sepanjang tahun ini, harga emas sudah anjlok sebesar 4%.

Disinyalir, dana yang tadinya terendap di emas mengalir ke pasar obligasi India. Pasalnya, pada periode yang sama, tingkat investasi pada surat utang India naik sebesar 4,46 miliar rupe.

“Secara global, kami melihat adanya tren penurunan harga emas. Kami memprediksi bakal ada penurunan suku bunga dalam dua hingga tiga kuartal berikutnya. Tujuannya tak lain untuk mendorong investor berinvestasi pada pasar obligasi,” papar Laksmi Iyer, head of fixed income and products Kotak Mahindra Asset Management Co.

Sekadar mengingatkan, data yang dirilis U.S. Securities and Exchange Commission menunjukkan, Soros Fund Management LLC mengurangi investasinya pada SPDR Gold Trust sebesar 55% menjadi 600.000 saham per Desember 2013 dibanding kuartal sebelumnya.

(Sumber: www.kontan.co.id)


Tags:

Association of Mutual Funds

George Soros

investor global

rupe India


Similar posts