Langkah tapering the Fed bikin harga emas melorot

Written by BoniShall   // December 19, 2013   // Comments Off

Langkah tapering the Fed bikin harga emas melorot

NEW YORK. Harga kontrak emas dunia mencatatkan penurunan tadi malam (18/12) pasca pengumuman the Federal Reserve. Mengutip data Bloomberg, pada pukul 16.05 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat tergerus 0,8% menjadi US$ 1.220,97 per troy ounce.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran Februari turun 0,9% menjadi US$ 1.219,20 per troy ounce.

Harga si kuning mentereng tergerus setelah the Federal Reserve mengumumkan akan memangkas nilai stimulus bulanan mereka menjadi US$ 75 miliar dari sebelumnya US$ 85 miliar.

The Fed juga menaikkan outlook pasar tenaga kerja dengan memprediksi tingkat pengangguran AS akan turun ke level 6,3% pada akhir tahun depan. Sebagai perbandingan, pada prediksi September, the Fed meramal angka pengangguran akan berada di kisaran 6,4% hingga 6,8% di akhir 2014.

“Keputusan the Fed berdampak bearish terhadap harga emas. The Fed berpendapat, ekonomi AS saat ini baik-baik saja dan cukup kuat untuk menanggung tapering,” jelas Bart Melek, head of commodity strategy TD Securities di Toronto.

Catatan saja, sepanjang tahun ini, harga emas sudah anjlok 27%. Harga emas menuju penurunan tahunan pertama sejak 2000 silam.

(sumber : www.kontan.co.id)


Tags:

harga emas

stimulus

tappering

The Fed

turun


Similar posts