Kesepakatan Siprus Menyebabkan Harga Emas Murah

Written by Denny   // March 25, 2013   // Comments Off

Emas Siprus

MELBOURNE. Harga kontrak emas melandai pada transaksi pagi ini. Mengutip data Bloomberg, pagi tadi, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat turun sebesar 0,4% menjadi US$ 1.602,98 per troy ounce. Pada pukul 08.29 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di posisi US$ 1.605 per troy ounce.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran Juni turun 0,3% menjadi US$ 1.603,50 per troy ounce di Comex, New York.

Salah satu sentimen yang memberatkan langkah harga emas adalah kesepakatan mengenai bailout internasional untuk Siprus. Hal ini yang lantas memangkas permintaan untuk aset-aset haven.

“Jika Siprus terpuruk, maka akan ada pertanyaan siapa yang akan terkena efek domino berikutnya,” jelas David Lennox, analis Fat Prophets di Sydney.

Sekadar informasi, pertemuan pimpinan Siprus dengan Bank Sentral Eropa (ECB) dan Badan Moneter Internasional (IMF) di Brussels akhirnya menghasilkan suatu kesepakatan.

Meski demikian, salah seorang pejabat Eropa mengatakan, kesepakatan ini sifatnya hanya sementara untuk menghindari default dan keluarnya Siprus dari keanggotaan Eropa.

“Kami telah mencapai kesepakatan yang akan segera dilanjutkan ke Eurogroup agar segera diambil keputusan,” jelas Juru Bicara Parlemen Siprus Yiannakis Omirou kepada reporter di Nicosia, pada hari ini (25/3).

Negosiasi tersebut memfokuskan pada nasib dua bank besar di Pulau Mediterania itu. Pihak Jerman menuntut agar Siprus memperkecil sistem perbankannya.

(Sumber: www.kontan.co.id)


Tags:

aset-aset haven

bailout internasional

Bank Sentral Eropa (ECB)

IMF

Siprus


Similar posts