About Dinar

June 21, 2011   // Comments Off

Apakah dinar itu?

Dinar adalah mata uang yang digunakan pada masa Khilafah Islam mulai zaman Nabi SAW hingga keruntuhan Khilafah Utsmaniyah 1924. Berdasarkan ketetapan yang diputuskan oleh Sayyidina Umar Ibn Khattab ra, Dinar terbuat dari emas yang memiliki kadar 22 karat (91,7% emas) dengan berat 4.25 gram.

Pada saat ini Dinar Emas, yang tidak lagi merupakan mata uang resmi salah satu negara di dunia, masih bisa diperoleh untuk kita simpan dan bahkan kita perjual-belikan.

Di Indonesia, Dinar Emas diproduksi oleh Logam Mulia, salah satu unit bisnis PT Aneka Tambang, Tbk. Hasil produksi Logam Mulia diakui secara internasional karena telah mendapatkan sertifikasi dari LBMA (London Bullion Market Association).

Emas dan Perak adalah dua logam mulia yang telah digunakan oleh umat manusia sejak zaman mesir kuno sebagai mata uang. Keuntungan dari Emas (Dinar Emas) dan Perak (Dirham Perak) adalah keduanya memiliki nilai intrinsik dan nominal yang sama. Tidak seperti uang kertas, yang nilai intrinsik dan nominalnya berbeda dan setiap saat nilainya tergerus karena inflasi.

Dinar Emas dapat digunakan sebagai medium store wealth dan proteksi nilai kekayaan yang stabil karena harga Dinar Emas mengikuti harga emas yang menjadi bahan dasarnya. Dalam satu tahun terakhir, apresiasi dinar emas lebih dari 30%. Ketika tulisan ini dibuat (19/01/2010) harga 1 dinar emas sebesar  1,42 juta rupiah.

 

Untuk kebutuhan jangka panjang seperti pendidikan, kesehatan, jaminan hari tua dan ongkos naik haji. Dinar merupakan solusi syar’iy dan menguntungkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan apresiasi dalam 1 tahun rata-rata kenaikan harga dinar sebesar 25 – 30%. Maka dana yang tersimpan dalam bentuk dinar selain bebas dari ribawi, kenaikan harga emas dalam 1 tahun, 5 tahun apalagi 10 tahun sangat menguntungkan.

Gold Dinar hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan dinar sebagai alat investasi dan proteksi nilai.  Gold Dinar menyediakan Dinar Emas bagi siapapun yang berminat untuk memilikinya. Dinar Emas yang dijual merupakan hasil produksi dari Logam Mulia sehingga terjamin kualitas dan timbangannya. Setiap Dinar Emas memiliki sertifikat yang diterbitkan oleh Logam Mulia untuk membuktikan keasliannya.

Selain itu, Gold Dinar akan membantu masyarakat yang saling membutuhkan untuk menjual atau juga membeli Dinar Emas. Sifatnya tentu bukan jaminan tetapi berupa kemudahan dan prioritas yang diberikan kepada para pelanggannya untuk menjual kembali Dinar Emas-nya (program buy back).

Selain di Gold Dinar, masyarakat juga bisa menjual Dinar Emas-nya di Logam Mulia atau toko emas. Bila masyarakat menjualnya di Gold Dinar maka harga beli akan selalu lebih rendah 4 % dari harga jual yang berlaku pada saat itu.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengetahui, memahami fungsi dinar dan memanfaatkannya secara syar’iy. Harapannya suatu ketika nanti dinar akan kembali menjadi mata uang yang digunakan dalam berbagai transaksi muamalah dalam sistem Syariah.