Investor Cemas Suriah, Emas di NY Tembus US$ 1.420

Written by Denny   // August 28, 2013   // Comments Off

emas hitam memanas

NEW YORK. Harga si kuning mentereng tadi malam (27/8) kembali melompat tinggi di New York. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 13.44 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember naik 1,9% menjadi US$ 1.420,20 per troy ounce di Comex, New York. Ini merupakan lompatan tertinggi sejak 15 Agustus lalu. Bahkan pada transaksi sebelumnya, kontrak yang sama sempat diperdagangkan di posisi US$ 1.424, yang merupakan posisi tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 15 Mei lalu.

Lonjakan harga emas dipicu oleh ketegangan politik atas Suriah. Kondisi itu mendorong tingkat permintaan emas sebagai lindung nilai meningkat.

“Suriah saat ini menjadi barometer baru bagi harga emas. Kami melihat semakin naiknya ketertarikan orang terhadap emas,” jelas Adam Klopfenstein, senior market strategist Archer Financial Services Inc di Chicago.

Asal tahu saja, Menteri Luar Negeri AS John Kerry bilang, Suriah akan menerima pertanggung jawaban atas penggunaan senjata kimia terhadap warganya.

Harga emas sudah rebound 20% dari level terendahnya dalam 34 bulan yaitu US$ 1.179,40 per troy ounce pada Juni lalu akibat rendahnya harga emas mengerek permintaan perhiasan emas, koin emas, dan emas batangan.

Di sisi lain, data Badan Moneter Internasional menunjukkan, Rusia dan Kazakhstan juga meningkatkan cadangan emas mereka untuk 10 bulan berturut-turut pada Juli.

(Sumber: www.kontan.co.id)


Tags:

Adam Klopfenstein

Archer Financial Services Inc

Comex

investor cemas

John Kerry

si kuning mentereng

Suriah


Similar posts