Inilah Pemicu Penurunan Harga Emas Hitam

Written by Denny   // June 14, 2013   // Comments Off

emas hitam

SINGAPURA. Harga kontrak minyak dunia kemarin (13/6) mencatatkan penurunan. Data Bloomberg menunjukkan, siang tadi, harga kontrak minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengantaran Juli turun sebesar 64 sen menjadi US$ 95,24 per barel di New York Mercantile Exchange. Pada pukul 14.50 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di posisi US$ 95,44 sebarel.

Penurunan harga minyak sudah berlangsung untuk hari ketiga dalam empat hari terakhir. Disinyalir, penyebab penurunan harga minyak ini akibat spekulasi bahwa permintaan bahan bakar di AS akan menurun. Faktor ini lebih mendominasi ketimbang adanya gejolak di Timur Tengah yang berpotensi mengancam suplai minyak.

Selain itu, faktor lainnya adalah langkah Bank Dunia yang memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi global.

“Tidak banyak analis yang memprediksi pertumbuhan global ke depan akan kuat. Sementara itu, cadangan minyak AS masih tinggi,” jelas David Lennox, resource analyst Fat Prophets di Sydney.

Penurunan juga dialami oleh kontrak minyak jenis Brent yang tergerus sebesar 0,4% atau 38 sen menjadi US$ 103,11 per barel di ICE Futures Europe Exchange. Sedangkan kontrak minyak yang lebih aktof diperdagangkan yakni untuk pengantaran Agustus, turun 29 sen menjadi US$ 103,27 sebarel.

(Sumber: www.kontan.co.id)


Tags:

emas hitam

Fat Prophets

minyak dunia

New York Mercantile Exchange

West Texas Intermediete (WTI)


Similar posts