Inflasi AS rendah, harga emas tergerus lagi di NY

Written by BoniShall   // December 18, 2013   // Comments Off

harga emas

NEW YORK. Harga kontrak emas dunia turun untuk kali pertama dalam tiga sesi di Comex, New York, tadi malam (17/12). Mengutip data Bloomberg, pada pukul 13.45 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Februari turun 1,1% menjadi US$ 1.230,10 per troy ounce di Comex, New York. Sebelumnya, dalam dua sesi pertama, kontrak yang sama sempat melonjak 1,6%.

Pergerakan harga emas hari ini terjadi setelah data yang dirilis menunjukkan, tidak ada perubahan dari biaya hidup warga AS pada November dibanding bulan sebelumnya. Kondisi ini menyebabkan permintaan emas sebagai lindung nilai atas inflasi akan berkurang.

“Pasar emas bisa terdongkrak jika terjadi inflasi. Saat ini, yang terjadi sebaliknya karena pesona emas sebagai lindung nilai inflasi memudar. Banyak pelaku pasar yang keluar dari pasar emas,” papar Chris Gaffney, senior market strategist EverBank Wealth Management di St. Louis.

Sekadar tambahan informasi, sepanjang tahun ini, harga emas sudah tergerus sebesar 27%. Dengan demikian, harga emas menuju penurunan tahunan pertama sejak 2000.

(www.kontan.co.id)


Tags:

harga emas

inflasi


Similar posts