India dan The Fed Bikin Kemilau Emas Memudar

Written by Denny   // June 7, 2013   // Comments Off

emas NY

SINGAPURA. Harga kontrak emas dunia ditransaksikan merosot pada kemarin sore (6/6). Mengutip data Bloomberg, kemarin siang, harga emas di pasar spot turun sebesar 0,4% menjadi US$ 1.398,27 per troy ounce. Pada pukul 10.24 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di level US$ 1.401,50.

Penurunan harga emas dipicu oleh kebimbangan investor mengenai ekonomi AS. Para pelaku pasar mulai bertanya-tanya apakah ekonomi AS cukup kuat jika the Federal Reserve menghentikan stimulusnya. Faktor lainnya adalah pelarangan impor emas oleh pemerintah India.

“India berupaya untuk menurunkan tingkat permintaan emas karena langkah sebelumnya belum memiliki dampak apapun. Namun, faktor tersebut tidak terlalu signifikan. Investor lebih menunggu langkah the Fed selanjutnya,” jelas Feng Liang, analis GF Futures Co di Guangzhou.

Rabu (5/6), harga kontrak emas naik 0,3% setelah data ekonomi AS menunjukkan hanya sedikit perusahaan AS yang merekrut karyawan dibanding prediksi ekonom pada Mei lalu. Hal ini akan mendorong the Fed untuk mempertahankan kebijakan stimulus mereka.

(Sumber: www.kontan.co.id)


Tags:

India

Kemilau Emas

The Fed


Similar posts