Harga emas mengalami koreksi sehat

Written by Denny   // September 19, 2012   // Comments Off

gold12

SINGAPURA. Harga emas dunia masih menunjukkan tren penurunan pada transaksi hari ini (18/9). Pagi tadi, harga emas di pasar spot turun sebesar 0,4% menjadi US$ 1.753,75 per troy ounce. Pada pukul 10.29 waktu Singapura, harga emas tercatat di posisi US$ 1.756,50 per troy ounce.

Penurunan harga emas kali ini dipicu oleh aksi profit taking yang dilakukan investor setelah harga si kuning kinclong rally ke level tertinggi dalam enam bulan terakhir.

“Pasar melakukan aksi jual emas setelah harganya melonjak tinggi yang didorong oleh stimulus bank sentral global. Meskipun demikian, kami menilai, ini merupakan koreksi sehat dan harga emas masih akan melesat,” ujar Sun Yonggang, macroeconomic strategist Everbright Futures Co.

Sekadar mengingatkan, pada 14 September lalu, harga emas melonjak ke posisi US$ 1.778 per troy ounce. Ini merupakan level termahal sejak 29 Februari lalu. Pergerakan harga emas tersebut dipengaruhi oleh langkah the Federal Reserve yang mengumumkan kebijakan quantitative easing ke-3 untuk mendongkrak perekonomian AS.

www.kontan.co.id


Similar posts