Harga Emas akan Semakin Mahal

Written by Denny   // October 8, 2012   // Comments Off

berkah berlimpah

SINGAPURA. Para trader emas optimistis terhadap pergerakan harga si kuning kinclong pada pekan depan. Hasil survei Bloomberg menunjukkan, 21 dari 32 analis memprediksi kenaikan harga emas pada minggu mendatang. Sementara, sembilan trader memprediksi penurunan harga emas dan tiga lainnya memilih netral.

Optimisme trader dilatarbelakangi oleh kenaikan pemegang kepemilikan emas yang mencapai rekor setelah bank sentral berkomitmen untuk menerapkan kebijakan agresif untuk mendongkrak perekonomian.

Misalnya saja, Bank Sentral Eropa yang menahan suku bunga acuan di rekor terendah setelah menyetujui pembelian obligasi dengan nilai tak terbatas pada bulan lalu. Di AS, the Federal Reserve mengumumkan kebijakan quantitative easing ketiga. Sedangkan di Jepang, Bank of Japan memutuskan akan menambah dana untuk pembelian aset-aset. Hal serupa juga terjadi di China, di mana pemerintah setempat menyetujui rencana infrastruktur senilai US$ 158.

“Lebih banyak orang yang akan melakukan antisipasi inflasi di masa mendatang karena quantitative easing dan jumlah utang yang ada pada sistem. Kita bisa mencetak uang yang kita butuhkan, namun kita tidak bisa mencetak emas. Emas merupakan hard currencies,” papar Frederique Dubrion, chief investment officer Blue Star Advisors SA.

Sekadar tambahan informasi, harga emas sudah melonjak 14% menjadi US$ 1.787,25 per troy ounce pada tahun ini. Dengan demikian, harga emas hanya berjarak 7% dari level rekor di posisi US$ 1.921,15 yang tercipta pada September 2011 lalu.

(sumber : Bloomberg)


Tags:

beli emas

harga emas hari ini

investasi emas


Similar posts