Emas Melorot ke Level Terendah Dalam Enam Pekan

Written by Denny   // February 17, 2013   // Comments Off

Emas melorot

MELBOURNE. Harga kontrak emas melorot ke level terendah sejak 4 Januari lalu. Data Bloomberg menunjukkan, siang tadi, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat terpangkas sebesar 0,3% menjadi US$ 1.630,60 per troy ounce. Pada pukul 14.11 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di posisi US$ 1.633,05 per troy ounce.

Dengan demikian, sepanjang pekan ini, harga emas sudah melorot 2%. Ini merupakan penurunan mingguan terbesar sejak pekan yang berakhir 21 Desember lalu. Sementara, harga kontrak emas untuk pengantaran April terpangkas 0,2% menjadi US$ 1.633 per troy ounce di Comex, New York.

Salah satu penyebab penurunan harga emas adalah data yang menunjukkan investor miliarder George Soros dan Louis Bacon memangkas kepemilikan emasnya pada exchange traded products pada kuartal lalu.

Data yang dirilis U.S. Securities and Exchange Commission menunjukkan, Soros Fund Management LLC mengurangi investasinya pada SPDR Gold Trust sebesar 55% menjadi 600.000 saham per Desember 2013 dibanding kuartal sebelumnya. Sementara Moore Capital Management LO milik Bacon menjual seluruh sahamnya pada dana SPDR dan menurunkan kepemilikannya di Sprott Physycal Gold Trust.

Sedangkan Paulson & Co, investor terbesar di SPDR, menahan kepemilikan sahamnya sebanyak 21,8 juta saham.

“Penurunan kepemilikan emas oleh George Soros kemungkinan akan sedikit mempengaruhi pasar emas. Pasar juga akan mengawasi langkah yang akan diambil Paulson dan investor besar lainnya,” jelas Nick Trevethan, senior commodities strategist Australia & New Zealand Banking Group Ltd.

Sekadar tambahan informasi, 12 analis yang disurvei Bloomberg pada pekan ini meramal, harga emas akan menurun pada pekan depan. Sedangkan 11 analis bullish terhadap harga emas dan tiga lainnya netral.

Sumber: www.kontan.co.id


Tags:

emas melorot

investor


Similar posts