Dollar Menguat, Kilau Harga Emas Pudar Lagi

Written by Denny   // May 28, 2013   // Comments Off

EmasTurun

SINGAPURA. Harga emas jatuh lagi pagi ini seiring penguatan dollar dan rebound bursa Asia. Kilau safe haven emas memudar yang terlihat dari penjualan emas di produk exchange traded fund berbasis emas.

Harga emas spot kehilangan 0,34% ke US$ 1.389,49 per ons pukul 07.28 WIB. Padahal kemarin harga emas terangkat 0,5% ketika dollar AS melemah dan bursa Eropa mendatar.

Sepekan lalu, si logam mulia menguat 2%, Ini merupakan penguatan mingguan terbaiknya dalam bulan ini.

Sementara harga kontrak emas di bursa AS naik 0,16% ke US$ 1.388,80.

Emas menanjak kemarin dengan berita bahwa sejumlah bank sentral mulai dari Rusia, Turki, dan Kazakhstan membeli emas di bulan April. Mereka membeli ketika harga emas turun untuk mendiversifikasikan portofolio investasi mereka.

Di sisi lain, kepemilikan emas di SPDR Gold, ETF emas terbesar dunia, jatuh 0,24% ke 1.016,16 ton pada Jumat lalu. Angka tersebut merupakan yang terendah sejak pertengahan 2009. Padahal di awal tahun ini, kepemilikan emas SPDR Gold masih berjumlah 1.350,50 ton.

Catatan saja, harga emas sampai sekarang masih belum bangkit dari kejatuhannya pada pertengahan April. Emas jatuh ke level terendahnya dalam dua tahun di harga US$ 1.321,35.

(Sumber: www.kontan.co.id)


Tags:

dollar menguat

emas pudar

kilau harga emas

rebound bursa Asia

safe haven


Similar posts