Dolar AS Loyo, Kilau Emas Masih Bersinar

Written by BoniShall   // December 11, 2013   // Comments Off

Harga emas menguat setelah dolar AS loyo

Harga emas dan Dolar bagaikan dua sisi timbangan yang berlawanan, jika satu turun, satunya lagi terangkat.  Itulah yang terjadi pada perdagangan hari Selasa (10/12), harga emas ditutup menguat dan tercatat sebagai kenaikan harga terbesar sejak pertengahan Oktober karena dolar melemah.

Permintaan terhadap logam mulia naik sebagai alternatif investasi. Sementara itu, harga perak mencapai harga tertinggi dalam hampir tiga minggu .

The Bloomberg US Dollar Index turun dan tercatat sebagai penurunan terpanjang dalam dua bulan. Bart Melek , kepala strategi komoditas TD Securities di Toronto bilang, pedagang membatalkan proyeksinya karea harga emas justru naik saat ada spekulasi Federal Reserve memangkas stimulus.

“Dolar melemah, sehingga membantu harga emas,” kata Melek dalam sebuah wawancara telepon. Harga emas berjangka untuk pengiriman Februari naik 2,2% dan menetap di harga US$ 1,261,10 per ounce pukul 1:37 waktu Comex, New York.

Ini merupakan, kenaikan terbesar sejak 17 Oktober dimana harga emas sempat mencapai US$ 1,267.50 per ounce, harga tertinggi sejak 20 November.

Sejak Presiden AS Richard Nixon tahun 1971 melepaskan keterkaitan antara Dolar dengan emas, harga emas terus melambung seiring dengan tumbuhnya jumlah uang dolar. Jumlah uang dolar akan terus bertumbuh sebagai konsekuensi dari 4 pilar keuangan ekonomi kapitalis : debt , banking system, interest dan fiat money.

Di tengah merosotnya ekonomi AS, utang masih menjadi primadona agar roda ekonomi terus berjalan. Harapan baik akan masa depan ekonomi AS menjadi jaminan kemampuan AS dalam membayar utang.

Jika harapan akan perbaikan ekonomi AS semakin baik, dolar akan menguat, logam mulia seperti emas sebagai investasi akan ditinggalkan. Sebaliknya, tatkala data-data ekonomi AS menunjukkan situasi yang suram seperti yang terjadi hari kemarin, logam mulia seperti emas akan mengalami kenaikan harga karena dianggap lebih menarik sebagai investasi.

Walaupun harga emas akan naik turun yang bergantung pada persepsi pelaku pasar akan ekonomi AS. Masa depan emas tetap mengkilau, karena harga emas akan tetap naik akibat dari semakin membanjirnya uang kertas.

 

 

Dapatkan update tentang Dinar emas, moneter, bisnis dan keuangan syariah melalui akun twitter : @mygolddinar

 

 


Tags:

dolar loyo

emas menguat

harga emas hari ini


Similar posts