Bursa Global Reli, Emas Ikut Bersinar

Written by Denny   // May 6, 2013   // Comments Off

bursa global

SINGAPURA. Harga emas mendekati level terbaiknya dalam lebih dari dua minggu pagi ini (6/5). Pemacunya adalah reli bursa saham global dan penguatan euro.

Harga emas spot di bursa Singapura melesat 3,41% ke US$ 1.474,16 pukul 08.15 WIB. Harga si kuning sempat melejit ke US$ 1,487,80 di Jumat lalu, level terkuatnya sejak penurunan tajam di 15 April.

Di bursa Amerika Serikat, harga kontrak emas naik 0,83% ke US$ 1.476,30.

Emas kembali bersinar sebagai aset safe haven pasca bank sentral Eropa memangkas bunga. Selain itu, Federal Reserve akan tetap melanjutkan program stimulusnya. Meskipun begitu, angka tenaga kerja AS yang bertambah lebih cepat dari perkiraan meredam ekspektasi bahwa Fed akan menambah jumlah pembelian aset itu.

Sementara, ETF berbasis emas terbesar yakni SPDR Gold Trust menyatakan kepemilikan emasnya turun 0,34% ke 1.065,61 ton hari Jumat lalu. Ini merupakan jumlah terendahnya sejak September 2009.

Walau begitu, hendge fund dan pengelola dana menambah prediksi bullish-nya atas emas. Ini terlihat dari kontrak emas dan options selama sepekan hingga 30 April. Selama sepekan itu, harga kontrak emas reli 4,5%.

(Sumber: www.kontan.co.id)


Tags:

Bank Sentral Eropa

bursa global

Euro

Federal Reserve


Similar posts