Amankah berinvestasi emas di tahun 2016 ?

Written by BoniShall   // January 7, 2016   // Comments Off

investasi dinar emas

Apa kabar emas di tahun 2016? Para analis memperkirakan emas masih akan mengalami tekanan dan kilaunya sedikit memudar gara-gara persepsi pasar yang menduga The Fed kemungkinan besar masih akan mengerek suku bunga lagi.

Deddy Yusuf Siregar, analis PT Fortis Asia Futures, mengatakan, pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada Maret nanti masih ada kemungkinan The Fed mengerek suku bunga lagi. Ini akan membuat emas tak menarik di mata investor. Selain itu, Deddy juga memberi catatan, The Fed punya rencana menaikkan suku bunga hingga 2% sampai 2017. “Harga emas masih cenderung bearish,” katanya.

Alasannya jelas, harga emas sangat berkorelasi dengan nilai dollar Paman Sam. Jika dollar AS melejit, akan memukul harga emas. Nah, satu-satunya kemungkinan yang mengerek harga emas, lanjut Deddy, adalah hari besar China pada Februari besok. Itu pun tak akan serta merta mengerek harga emas melejit melampaui
US$ 1.100 per ons troi. “Kuartal I 2016, harga emas tak akan lebih tinggi dari US$ 1.100 per ons troi,” ujar Deddy.

Research and Analyst PT Monex Investindo Futures Faisyal menduga, sampai akhir tahun 2016, harga emas hanya akan bergerak di kisaran
US$ 800–US$ 1.200 per ons troi. Sedangkan Deddy memprediksi, harga emas sampai akhir tahun nanti di kisaran US$ 980–US$ 1.100 per ons troi. “Saya belum melihat sesuatu sepanjang 2016 yang akan mengangkat harga emas,” tegasnya.

Melihat analisis itu, apakah membeli emas untuk tabungan (bukan spekulasi apalagi menimbun harta) termasuk langkah yang tepat ? Jika simpanan yang anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, maka belilah emas (termasuk dinar emas). Jika jangka pendek hindari emas.  Alasannya para analis memprediksikan, harga emas Aneka Tambang (Antam) yang menjadi acuan harga emas di tanah air tak akan melonjak di atas Rp 600.000 per gram. Itu karena, rupiah juga rentan dengan dollar AS. Saat emas naik, dollar AS menguat. Padahal, di saat dollar menguat inilah, rupiah justru melemah. Jadi, harga emas Antam tak akan melesat secara signifikan.

(diolah dari berbagai sumber)


Tags:

ANTAM

dinar emas

harga emas

investasi


Similar posts