Akhirnya, Emas Mulai Unjuk Taring

Written by Denny   // February 26, 2013   // Comments Off

EmasUnjukTaring

SINGAPURA. Harga kontrak emas kembali naik untuk hari ketiga pada Senin (25/2). Berdasarkan data yang dihimpun Bloomberg, pada pukul 14.25 waktu Singapura, harga emas di pasar spot naik 0,3% menjadi US$ 1.585,46 per troy ounce.

Sepanjang pekan lalu, harga emas mencatatkan penurunan sebesar 1,8% setelah the Federal Reserve mengadvokasi dilakukannya fleksibilitas dalam penerapan stimulus ekonomi. Sedangkan sepanjang bulan ini, harga emas sudah terpangkas 4,7%.

Salah satu sentimen yang mengerek harga si kuning mentereng ini adalah langkah bank sentral dunia yang ramai-ramai meningkatkan cadangan emas mereka setelah harganya turun dalam.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, data yang dirilis Badan Moneter Internasional (IMF) menunjukkan, sejumlah negara seperti Rusia dan Kazakhtan meningkatkan cadangan emas mereka untuk bulan yang ke empat. Cadangan emas Rusia naik 12,2 metrik ton menjadi 970 ton pada Januari setelah sebelumnya naik 8,5% di sepanjang 2012.

Sedangkan cadangan emas Kazakhtan naik 1,5% menjadi 116,8 ton pada bulan lalu, melanjutkan kenaikan cadangan pada tahun lalu sebesar 41%.

“Partisipasi pelaku pasar terkesan sangat hati-hati pasca aksi jual besar-besaran pada pekan lalu. Meski kami sudah menurunkan pandangan emas jangka pendek, namun, harga emas akan naik pada paruh kedua tahun ini seiring meningkatnya permintaan dari India dan China,” jelas Nick Trevethan, senior commodities strategist Australia & New Zealand Banking Group Ltd.

Sumber: www.kontan.co.id


Tags:

cadangan emas

stimulus ekonomi


Similar posts